Gerakan Tanam Cabai Bersama PKK

Tahun 2017 Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali telah menyusun rencana program kerja unggulan pengendalian inflasi dalam rangka peningkatan ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Boyolali. Program Peningkatan Ketahanan Pangan di tahun 2017 ini memuat tiga kegiatan pokok, antara lain; pengembangan Desa Mandiri Pangan, pengembangan Lumbung Pangan Pemerintah dan masyarakat dan “Gerakan Tanam Cabai” bekerjasama dengan ketua TP PKK Kabupaten Boyolali dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali. Kegiatan “Gerakan Tanam Cabai” merupakan pembelajaran dari fluktuasi harga cabai di awal bulan Januari lalu dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga banyak dari petani cabai mengalami gagal panen.

Program ini ditujukan untuk turut mendukung pengendalian fluktuasi harga/ inflasi harga utamanya komoditas cabai yakni cabai rawit yang selama ini harganya sering mengalami kenaikan yang drastis. Proses persiapan telah dilakukan di lingkungan kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali dibawah tanggungjawab Bidang Distribusi dan Ketersediaan Pangan. Di greenhouse milik Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali sudah disiapkan sejumlah 80 kotak polybag untuk penanaman bibit cabai rawit. Setiap satu polybag kotaknya (tre) berisi 50 kotak bibit, sehingga nantinya dapat diisi total 400 bibit cabai rawit jenis Trisula Hijau.

“Gerakan Tanam Cabai” nantinya akan dilakukan disetiap Kecamatan di Kabupaten Boyolali. Setiap Kecamatan mendapat bantuan kurang lebih 10.000 bibit cabai dan polybag dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali. Kecamatan akan bekerja sama dengan TP PKK untuk menanam bibit cabai. Melalui program ini diharapkan kedepannya setiap rumah tangga diharapkan minimal bisa memenuhi kebutuhan atas cabai untuk rumah tangganya sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *