AYOOO….MANFAATKAN PERKARANGAN

Pada saat ini perkarangan belum dimanfaatkan secara optimal padahal potensi yang ada sangat besar. Pemanfaatan pekarangan saat ini sebagian besar hanya sebatas estetika/keindahan semata. Pekarangan bisa menjadi sumber penghasilan pangan yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga. Sayur – sayuran dan buah yang bisa diusahakan dipekarangan antara lain sawi, tomat, cabe, terong dll. Dengan budidaya yang baik diharapkan tanaman sayuran yang dihasilkan bisa lebih baik dan sehat. Produk sayuran lebih aman dikonsumsi karena bebas pestisida karena ditanam secara organik.

Kegiatan pemanfaatan pekarangan yang telah dilaksanakan ternyata mampu menghemat pengeluaran para ibu rumah tangga sebesar Rp. 5.000 – Rp. 10.000/hari. Karena kebutuhan sayuran bisa dicukupi dari perkarangan sendiri. Seandainya kegiatan pemanfaatan pekarangan ini bisa dikelola dengan baik dan berkelanjutan bisa meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

Sayuran dipekarangan selai sebagai sumber pangan keluarga juga bisa menambah keindahan dan keserasian di lingkungan sekitar kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *