Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)

Keberhasilan dalam proses pembentukan sumber daya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan. Perbaikan pola konsumsi melalui penganekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif.

Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat, sementara konsumsi karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hdup masyarakat. Dosamping itu, konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian, pangan hewani, dan kacang-kacangan masih rndaah sehingga perlu ditingkatkan. Untuk itu, maka perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA. Upaya tersebut tidak mudah karena terkait dengan perilaku masyarakat sehingga perlu melibatkan pemangku kepentingan terkait.

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan B2SA, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali akan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Boyolali dengan peserta dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Boyolali ( 19 Kecamatan ).

Penyelenggara Lomba Cipta Menu (LCM) B2SA di laksanakan pada tanggal 27 Maret 2017 bertempat di Pendopo Ageng Kabupaten Boyolali

Juri Lomba Cipta menu (LCM) B2SA berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2017 Kabupaten Boyolali sebanyak 3 (tiga) orang yang terdiri dari :

  • Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah
  • Ahli Tata Boga
  • Tim Penggerak PKK Kabupaten Boyolali

Pemenang ditetapkan sebanyak 6 terdiri dari :

  • Juara I oleh Kecamatan Klego
  • Juara II oleh Kecamatan Boyolali
  • Juara III oleh Kecamatan Banyodono
  • Juara Harapan I oleh Kecamatan Kemusu
  • Juara Harapan II oleh Kecamatan Andong
  • Juara Harapan III oleh Kecamatan Ampel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *