Gudang Lumbung Baru LPMD Harapan Maju

Jumat Pahing, 07 April 2017 lalu LPMD Harapan Maju Desa Trayu Kecamatan Banyudono meresmikan bangunan gudang lumbung permanen. Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Banyudono, Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali, dan Ketua Asosiasi LPMD Kabupaten Boyolali.

Bangunan gudang lumbung LPMD Harapan Maju merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan pada tahun 2016 bagian dari realisasi program lumbung tahunan yaitu pembangunan fisik gudang lumbung dari APBD 2 Kabupaten Boyolali, sedangkan tanah tempat mendirikan bangunan adalah milik kas desa atau masyarakat.

LPMD Harapan Maju termasuk ke dalam LPMD yang masih muda karena baru berdiri sekitar kurang lebih 2 tahun, yakni tanggal 17 Maret 2015 bermula dari arisan uang untuk pengadaan bibit atau lahan pada setiap malam Jumat Legi.  Selain iuran dalam bentuk uang, kelompok ini juga mengadakan iuran gabah sebesar 10kg setiap masa panen yang hingga kini telah terkumpul sebanyak 8695kg gabah kering giling. Sebelumnya LPMD Harapan Maju mendapat bantuan dari Dinas Ketahanan PAngan sebesar 4400kg gabah dan dari Provinsi sebesar 3200kg gabah. Kini gabah tersebut terus di segarkan dengan cara simpan pinjam.

Selain kegiatan simpan pinjam, LPMD Harapan Maju juga mempunyai kegiatan lain yang menghasilkan pestisida hayati dan pembuatan bibit cabai walaupun kegiatan tersebut sempat terhenti. Kedepannya diharapkan LMPD Harapan Maju bisa menjadi contoh untuk perkembangan dari LPMD lain di Kabupaten Boyolali.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *