STUDI LAPANG LUMBUNG PANGAN MASYARAKAT DESA DI KABUPATEN MAJALENGKA

Tanggal 02 Mei 2017 Dinas Ketahanan Pangan khususnya Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan mengadakan studi lapang bersama para anggota LPMD (Lumbung Pangan Masyarakat Desa) ke Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Bandung. Di Kabupaten Majalengka tim dan anggota LPMD mengunjungi dua lumbung milik masyarakat desa yakni LPMD Sejahtera di Desa Buni Wangi dan LPM Tani Mukti di Desa Enggal Wangi Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Kedua lumbung milik masyarakat desa tersebut merupakan pemenang lomba LPMD se Jawa Barat tahun 2016. Pengelolaan lumbung dan bangunan lumbung sangat tradisional. Lumbung pangan tersebut merupakan lumbung tua yang berdiri pada tahun 1948 dan hingga kini masih berjalan walaupun tanpa adanya bantuan dari pemerintah. Hal tersebut dikarenakan kesadaran masyarakat mengenai kebutuhan cadangan pangan sangat tinggi.

Di Kabupaten Bandung, tim dan anggota LPMD berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian di Lembang. Disana para anggota LPMD belajar mengenai cara-cara bertani hingga pemasaran produk pertanian berbasis bisnis atau koperasi untuk kesejahteraan para petani. Hal-hal yang dipelajari antara lain mengenai budidaya hidroponik, aeroponik, dan lain-lain yang mampu menghasilkan produk dengan mutu tinggi.

Adanya kegiatan semacam ini diharapkan agar dapat mendongkrak semangat para anggota khususnya petani agar bertambah wawasan dan menambah kesadaran bahwa mereka merupakan ujung tombak yang menentukan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *