RAKOR POKJA AKSI DESA MANDIRI PANGAN

Fokus Pembangunan saat ini di arahkan pada penanganan masalah Kerawanan Pangan dan Kemiskinan dengan jalan Peningkatan Ketahanan Pangan. Perwujudan Ketahanan Pangan Nasional dimulai dari pemenuhan pangan di wilayah terkecil yaitu Pedesaan. Basis Pembangunan Pedesaan bertujuan mewujudkan Ketahanan Pangan dalam satu wilayah dengan keterpaduan sarana dan prasarana dalam aspek Ketersediaan,  Distribusi, dan Konsumsi Pangan untuk mencukupi dan mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga.

Pada tanggal 16 Mei 2017 Dinas Ketahanan Pangan Boyolali mengadakan Rapat Koordinasi Pokja Program Aksi Desa Mandiri Pangan untuk membahas program Desa Mandiri Pangan yang pada tahun ini dilaksakanan di dua Kecamatan yaitu Cepogo dan Ampel. Program ini tentu membutuhkan dukungan dari pihak-pihak terkait agar terjadi kesinambungan dan kerjasama yang terus menerus untuk mensukses kan program ini.

Desa yang masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan Ketahanan Pangan dan Gizi melalui Pengembangan Sub Sektor Ketersediaan, Distribusi dan Konsumsi Pangan dengan Memanfaatkan Sumber Daya setempat secara berkelanjutan berbasis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

Keberhasilan DMP bila dapat terwujudnya

  1. Tersedianya produksi pangan secara berkelanjutan
  2. Perubahan pola konsumsi pangan (B2SA)
  3. Berkembangan dan berfungsinya kelembangaan pangan desa
  4. Dukungan kebijakan Pemerintah terhadapa Ketahanan Pangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *