Kaji Tiru Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali ke Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang dan Kelompok Tani “Hasil Tani” Kabupaten Lumajang

Pada tanggal 12 Maret 2020, Seksi Cadangan Pangan Bidang Ketersediaan, Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali mengunjungi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur untuk kegiatan kaji tiru pengelolaan cadangan pangan terutama di tingkat kelompok tani. DKP Kabupaten Lumajang menyambut dengan hangat kedatangan tim DKP Kabupaten Boyolali dan mengantarkan tim ke tempat kelompok tani “HASIL TANI” di Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Disana tim kembali disambut hangat oleh para perangkat desa dan anggota kelompok.

Dibawah binaan DKP Kabupaten Lumajang, kelompok Tani “Hasil Tani” berdiri sejak tahun 2008 diketuai oleh H. Adi Susanto, telah berhasil mengembangkan ekonomi produktif kelompok melalui pengolahan gabah dan penjualan beras. Hingga kini modal kelompok mencapai 7 (tujuh) miliar rupiah. Penjualan beras di tahun 2019 mencapai 1.537.594kg. Penjualan beras oleh kelompok menyasar di pasar lokal Kabupaten Lumajang, kemitraan dengan Bulog dan Perusahaan Daerah (PD Semeru) Lumajang yang bersinergi dengan Bupati Lumajang yang mewajibkan seluruh ASN di Kabupaten Lumajang untuk membeli beras olahan dari kelompok tani minimal 10kg per bulan, Toko Tani Indonesia (TTI) dan E-Warung/ PKH/ BPNT.

Dalam kunjungan kaji tiru kali itu, banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan kelompok “Hasil Tani”, terutama sinergitas antara Pemimpin Daerah, Pemerintah Daerah, Perangkat Desa, Aparat dan kelompok dalam memajukan pertanian di Kabupaten Lumajang. Etos kerja anggota kelompok tani yang semangat dalam mengembangkan usaha dan kedisiplinan para kelompok tani di Kabupaten Lumajang yang senantiasa mentaati pembagian air pada masa tanam sehingga Kabupaten Lumajang bisa memaksimalkan tanam serentak yang bisa meminimalisir hama sehingga produksi padi bisa maksimal.

Untuk informasi selengkapnya bisa di lihat di link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=uuRTRKNYk3g