Kunjungan Menteri Pertanian RI ke Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak

  

Menteri  Pertanian (Mentan) RI melakukan kunjungan kerja ke Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali pada hari Sabtu, 19 Desember 2020. Mengusung Tema “ Integrated Farming Menuju Pertanian Maju Mandiri  Modern di Kabupaten Boyolali”  Mentan menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat Dukuh Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak. Bantuan yang diserahkan antara lain : Bantuan untuk pemanfaatan pekarangan, kolam biofloc, bebek, bibit  tanaman buah,  dan benih palawija.

Dalam sambutannya, Mentan (Syahrul Yasin Limpo) selalu berpesan agar pertanian terus dikembangkan. Masyarakat di desa diharapkan bisa memanfaatkan pekarangannya sebagai kebun keluarga, dengan  ditanai  berbagai jenis tanaman mulai dari sayur buah dan tanaman lain yang bermanfaat.

“Selain pertanian kami berharap ikan lele atau budidaya ikan tawar harus menjadi pilihan. Hari ini itu yang menjadi kekuatan. Agar besok kita tidak hanya mengandalkan komoditas. Bukan hanya padi, jagung dan kacang. Di rumah-rumah kami berharap tanaman pekarangan bisa memperkuat kebutuhan yang bisa menunjang. Itu yang kami dorong saat ini,” kata Mentri Pertanian.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali ikut berpartisipasi dalam persiapan dan pelaksanaan Kunjungan Kerja Mentan ini, bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan serta Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali. Terkait dengan kegiatan pemanfaatan pekarangan, DKP Boyolali membina dan mendampingi KWT Melati Putih 2 sebagai penerima bantuan. Menggunakan konsep Pekarangan Pangan Lestari (P2L), di lokasi KWT didirikan kebun bibit, pertanaman hidroponik sayuran, dan demplot pemanfaatan pekarangan. DKP Boyolali juga melakukan sosialisasi agar anggota KWT memiliki pemahaman untuk pengelolaan pekarangan agar bisa menjadi sumber pangan keluarga yang berkelanjutan.

Selain mendukung kegiatan pemanfaatan pekarangan, DKP Boyolali bekerja sama dengan Forum Brand Lokal (FBL) Boyolali juga melakukan kegiatan promosi pangan lokal pada saat kunjungan Mentan. Beberapa produk yang ditampilkan antara lain : Mocaf beserta olahannya, Kopi Ngemplak, Jamu (Herbal), Olahan susu, dan Olahan Ikan. Harapannya melalui kegiatan promosi ini, produk lokal Boyolali bisa lebih dikenal lebih luas sehingga UMKM pangan lokal bisa berkembang lebih baik.