PERDA NO 11 TAHUN 2013 TENTANG KETAHANAN PANGAN, LANDASAN MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI BOYOLALI

Penyelenggaraan Pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil,  merata, dan berkelanjutan dengan berdasarkan pada kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan. Hal ini berarti bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi pangan masyarakat sampai pada tingkat perseorangan, Pemerintah Daerah mempunyai tanggung jawab untuk menentukan kebijakan pangan di daerah dengan menetapkan dan melaksanakan usaha yang sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya.

Pemenuhan konsumsi pangan tersebut harus mengutamakan produksi lokal dengan memanfaatkan sumber daya dan kearifan lokal secara optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut, tiga hal pokok yang harus diperhatikan adalah (i) ketersediaan pangan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal, (ii) keterjangkauan pangan dari aspek fisik dan ekonomi oleh seluruh masyarakat, serta (iii) pemanfaatan pangan atau konsumsi pangan dan gizi untuk hidup sehat, aktif, dan produktif.

Guna memberikan landasan hukum penyelenggaraan ketahanan pangan, maka pada Tahun 2013 telah diterbitkan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 213 tentang Ketahanan Pangan.

Perda dimaksud dapat diunduh melalui http://bit.ly/2aWiEIa dan Penjelasan Perda dapat diunduh melalui  http://bit.ly/2aTC1Rb

 

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *