MANFAATKAN PEKARANGAN UNTUK KESEJAHTERAAN

Pekarangan merupakan areal tanah yang biasanya berdekatan dan menjadi bagian tak terpisahkan dengan suatu bangunan atau terkait dengan kepemilikan dalam suatu persil. Tanah ini dapat diplester, dipakai untuk berkebun, ditanami bunga, atau kadang-kadang memiliki kolam. Karena umumnya pekarangan berada di sekitar rumah tinggal, dapat dikatakan bahwa keadaan pekarangan mencerminkan pemiliknya. 

Pada saat ini banyak pekarangan yang belum dimanfaatkan secara optimal, padahal potensi yang ada sangat besar.

Kita sering melihat pemanfaatan pekarangan  cenderung sebatas estetika/keindahan semata. Dengan sedikit sentuhan, pekarangan dapat disulap menjadi sumber penghasil pangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sayuran dan buah yang dapat dibudidayakan di pekarangan antara lain sawi, tomat lombok, terung, mangga, durian, rambutan dll. Dengan budidaya yang baik, diharapkan memberikan hasil yang baik dan yang pasti merupakan produk aman dan sehat.

Berdasarkan pengamatan pada lokasi pengembangan pekarangan, ternyata melalui pemanfaatan yang baik dapat menghemat pengeluaran harian rumah tangga sebesar Rp. 5 ribu – Rp. 10 ribu / hari.  Sudah barang tentu melalui pemanfaatan pekarangan akan dapat dibangun ketahanan pangan pada skala rumah tangga.

Jadi…..ayooo manfaatkan pekarangan untuk kehidupan yang lebih baik. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *