DINAMIKA KELOMPOK TANI TERNAK “SIDO MAKMUR” DESA BANYUANYAR, KEC AMPEL

    

Boyolali tidak lepas dari predikat Kabupaten Susu, karena produksi susu sapi perah yang cukup besar dan wilayah pengembangan sapi perah yang cukup luas. Dengan populasi sapi perah hampir mencapai 86.000 ekor dan produksi susu sapi 126.500 liter per hari, dapat dikatakan bahwa sektor peternakan memberi kontribusi yang tidak kecil dalam pengembangan perekonomian.

Dengan kondisi demikian, maka keberadaan Kelompok Tani Ternak sangat penting guna meningkatkan produksi dan produktifitas sapi perah serta diversifikasi usaha. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kelompok tani ternak. 

Kelompok Tani Ternak (KTT) SIDO MAKMUR Desa Banyuanyar merupakan salah satu Kelompok Tani Ternak yang mengembangkan agribisnis terintegrasi. Selain budidaya sapi perah, Kelompok Tani mengembangkan tanaman kopi, bukan semata-mata diambil biji kopinya, namun kulit buah kopi dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak. Karena itu, Kelompok telah memiliki unit pengolah pakan ternak. Dibimbing secara penuh oleh BPPT, Kelompok mengembangkan aneka usaha, diantaranya budidaya ternak, unit usaha pengolahan pakan ternak, pengolahan kopi, pengolahan susu menjadi susu pasteurisasi dan yoghurt serta produksi es krim.

Diversifikasi usaha ini diharapkan mampu semakin meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok dan masyarakat sekitar.

Guna meningkatkan kemampuan kelompok dalam pengolahan susu menjadi aneka produk, dengan fasilitasi Ditjen PKH Kementan RI melalui Disnakkan, selain diterima bantuan peralatan pengolahan susu, juga telah dilaksanakan pelatihan dan tukar pengalaman pembuatan yoghurt.

Didampingi penyuluh pertanian, telah dilakukan peningkatan kemampuan kelompok dalam pengolahan susu menjadi yoghurt dan ice cream (manual maupun dengan mesin). Selain itu dilakukan tukar pengalaman dengan Kelompok Tani Ternak “SETO KENCONO” dari Banyubiru Kabupaten Semarang dalam pengolahan dan pemasaran yoghurt.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *