Sorgum, Alternatif Bahan Pangan Pokok

Banyak hal yang menjadi daya tarik masyarakat sekitar maupun dari luar daerah pada peringatan Hari Pangan Se Dunia ke-36 di Boyolali tanggal 28 s/d 30 Oktober kemarin. Salah satunya adalah varietas tanaman pangan pengganti bahan pangan pokok yang sebenarnya telah lama ada di Indonesia namun belum terlalu dikenal oleh banyak kalangan, yaitu Sorgum. Sorgum dengan nama Latin Sorgum Bicolor L mirip dengan tanaman jagung yang telah ada di Indonesia sejak tahun 1925. Tanaman tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang sama dengan padi namun di Indonesia sendiri konsumsi sorgum sebagai pengganti makanan pokok masih rendah dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Indonesia sorgum banyak dikonsumsi di daerah NTT dan NTB.

Sorgum berasal dari Nigeria, Afrika. Persebaran Sorgum pertama sampai ke Ethiopia hingga Mesir. Walaupun Sorgum berasal dari daerah dengan iklim kering, namun tumbuhan ini dapat hidup di mana saja, entah di tanah kering atau tanah dengan kandungan air tinggi. Sorgum dapat terus tumbuh walaupun telah dipangkas batangnya. Potensi Sorgum antara lain yakni daya adaptasi yang luas, produktivitasnya tinggi, tahan hama dan penyakit tanaman, selain itu tanaman sorgum tahan dengan kondisi marjinal (kekeringan, salinitas, dan lahan masam.  

Tanaman sorgum dapat dimanfaatkan mulai dari biji hingga batang, daun, dan akarnya. Biji Sorgum dapat diolah menjadi aneka ragam makanan. Biji Sorgum merupakan pengganti nasi dan dapat dijadikan bubur. Tepung Sorgum bisa dijadikan sebagai bahan pembuat kue dan roti. Selain untuk bahan makanan, biji Sorgum bisa diolah menjadi Bioethanol sebagai sumber bahan bakar. Daun Sorgum untuk mengganti rumput pakan ternak sedangkan tangkainya diolah menjadi kerajinan tangan dan sapu. Batang Sorgum merupakan lumbung Bioethanol dan bahan baku pembuat kertas. Batang muda Sorgum mempunyai rasa manis sehingga bisa diolah menjadi sirup. Akar Sorgum merupakan jamu yang berkhasiat memperlancar peredaran darah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *