Mocaf dan mocaf bumbu instan SUKASARI, dijamin……

Pada saat ini, PKK Desa Kebonbimo telah memproduksi tepung MOCAF dan tepung bumbu.  Kualitas tepung bumbu untuk pisang goreng (manis) dan tepung bumbu gurih (untuk aneka gorengan) tidak kalah dengan produk yang sudah ada dan tentunya harga lebih terjangkau. Yang pasti meningkatkan konsumsi mocaf selain mengurangi ketergantungan impor gandum juga dapat membantu perekonomian keluarga petani. Jadi,….. mengapa tidak mencoba.

Mocaf (modified cassava flour), adalah produk tepung dari ubi kayu /singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu dengan cara fermentasi. Mikroba yang tumbuh menyebabkan perubahan karakteristik pada tepung yang dihasilkan, yaitu berupa naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarut.

Produk pangan olahan bahan baku terigu atau beras dapat diproduksi dengan bahan tepung mocaf baik dengan sistem substitusi antara 5 – 75% dan bahkan ada produk pangan olahan berbahan terigu seluruhnya dapat diganti dengan tepung mocaf.

Tetapi Mocaf sendiri itu apa sih?

Kita pasti kenal ketela pohon (singkong, pohung, ubi kayu), nah si ubi ini sebenarnya dapat dibuat menjadi beberapa jenis tepung:

Pertama : TAPIOKA yang merupakan tepung dari pati ubi kayu, pasti ini dihasilkan dari pemarutan atau penghancuran ubi kayu, kemudian ambil sari-sari tepung (mirip membuat santan), diamkan, endapannya inilah yang kemudian diambil, dikeringkan dan jadilah si tapioka.

Kedua : TEPUNG SINGKONG (atau lebih sederhana tepung gaplek namanya), pasti ini dihasilkan dari ubi kayu yang diolah jadi gaplek, kemudian gaplek ditumbuk hingga halus, saring dan tepungya ini yang disebut tepung singkong.

Ketiga : MOCAF yang agak keren karena ada proses fermentasi dalam pembuatannya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *