Cara Menghilangkan Pestisida pada Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan sehat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung nutrisi tinggi yang penting seperti vitamin dan mineral. Tetapi sayangnya buah dan sayur yang seharusnya memberikan manfaat malah bisa membahayakan kesehatan karena mengandung beberapa zat berbahaya seperti pestisida. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan buah dan sayur meskipun hasilnya tidak 100% bekerja dengan baik, meskipun demikian beberapa cara dibawah ini mungkin bisa membantu mengurangi tingkat pestisida pada buah dan sayur secara signifikan.

  1. Kupas kulit buah dan sayur : ini bisa bekerja bila jenis buah dan sayur memiliki kulit tebal, tetapi beberapa buah seperti strawberry, anggur, dan sejenisnya tentu tidak bisa menggunakan cara ini. Saat kita mengupas kulit buah seperti apel, mungkin kita akan kehilangan nutrisi yang terkandung di dalam kulit buah ini, tetapi dengan cara tersebut setidaknya akan mengurangi tingkat pestisida yang ada di dalamnya.
  2. Semprotan penghilang pestisida : untuk membuat semprotan penghilang pestisida ini cukup mudah. Bahan – bahan yang harus disiapkan diantaranya : jus lemon 1 sendok makan, 2 sendok makan baking soda, dan 1 cangkir air. Campur ketiga bahan tadi hingga baking soda larut, jika sudah masukan campuran tadi ke dalam botol semprot yang hiegenis. Nah, sekarang bisa diunakan untuk membersihkan buah dan sayur dengan cara disemprot. Jika sudah selesai diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air.
  3. Dengan cuka : cuka bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan pestisida dari buah dan sayur secara alami tanpa menghilangkan nutrisi dari keduanya. Caranya campurkan antara cuka dan air dengan perbandingan 1 cuka : 4 air di dalam wadah. Masukkan buah dan sayur kedalam wadah berisi campuran kedua bahan tadi, diamkan selama kurang lebih 30-60 menit. Setelah itu buang air bekas rendaman dan bilas dengan air hingga bersih. Perhatian untuk jenis buah yang memiliki banyak pori seperti  stawberry kurang cocok dengan cara ini karena cuka dapat masuk ke dalam buah sehingga mungkin akan mengganggu rasa dan bau.
  4. Mencuci dengan air : cara menghilangkan pestisida dengan mencuci memang cukup sederhana meskipun mungkin tidak bisa membersihkan buah dan sayur dari pestisida 100%. Dengan cara mencuci dengan air mengalir kotoran dan residu pestisida yang menempel pada buah dan sayur bisa dihilangkan. Tetapi seperti yang sudah kita ketahui jika kulit buah yang memiliki pori-pori yang tidak bisa begitu saja dibersihkan dengan cara mencucinya.

Meskipun cara diatas bisa membantu menghilangkan pestisida dari buah dan sayur secara alami, memilih produk organik masih menjadi pilihan yang terbaik. Karena bagaimanapun juga buah dan sayur organik lebih aman dan pastinya kandungan nutrisinya lebih terjaga. Tetapi jika anda memiliki kendala untuk mendapatkannya, cara di atas bisa menjadi pilihan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *