ASN NGLARISI PRODUK PETANI PETERNAK BOYOLALI

Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali dan Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali melakukan fasilitasi Gerakan ASN Nglarisi Produk Petani Peternak . Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu petani peternak mendapatkan harga yang wajar dan konsumen dapat membeli produk dengan harga yang terjangkau.

Untuk Kabupaten Boyolali terdapat 1036 paket yang dipesan dan dibeli oleh Guru-Guru SMK/SMA di Boyolali. Satu paket seharga 45 ribu terdiri dari : 1 kg telur, 1 kg cabe rawit dan 1 kg cabe keriting. Telur berasal dari peternak binaan di Ds Penggung, Kec. Boyolali, sedangkan Cabe berasal dari petani binaan di Ds Tarubatang dan Ds Tlogolele, Kec. Selo.

Fasilitasi distribusi pangan ini diharapkan dapat menjaga stabilisasi harga baik ditingkat produsen dan konsumen. Toko Mitra Tani Kab, Boyolali yang berlamat di Jl. Perintis Kemerdekaan No.43, Pulisen, Boyolali merupakan bentuk fasilitasi distribusi dan pemasaran di bawah koordinasi DKP KAb. Boyolali untuk melakukan pengelolaan pasokan, distribusi dan pemasaran hasil pertanian dari Gapoktan ke masyarakat.

Harga beli di petani/peternak
Cabai Rawit Merah : 15.000
Cabai Merah Keriting : 11.500
Telur : 17.500
Total harga 45.000

Harga di pasaran
Cabai Rawit Merah : 20.000
Cabai Merah Keriting : 15.000
Telur : 19.500
Penyedia untuk komoditas cabai berasal dari Desa Tarubatang dan Desa Tlogolele Kecamatan Selo, sedangkan penyedia untuk komoditas telur Desa Penggung Kecamatan Boyolali.